Mempercepat Koneksi Internet Flexinet Unlimited

Kebetulan teman saya punya flexi namun ampun banget koneksinya lemot padahal sinyalnya full,nah saya nemu ni artikel di internet semoa kawan yg punya masalah serupa bisa terbantu

Mungkin trik ini sudah ada sebelumnya, tapi belum ada yang menjelaskannya secara spesifik bagaimana trik ini bekerja. Tutorial ini dilatarbelakangi oleh kenyataan pahit yang saya hadapi sendiri sebagai salah satu pengguna FlexiNet (internet unlimited harian).

Teknologi internet Flexi mengusung CDMA 2000x1, secara teori dapat mengirim data dengan download max 153,3 kbps dan upload kira-kira max 60 kbps (bedakan dengan 1 byte = 8 bit). Tetapi pada kenyatannya speed itu tidak dapat dicapai dengan berbagai faktor seperti: traffic, shaping dari ISP, signal ataupun jaringan yang digunakan. Saya sebagai pengguna Flexi dari berbagai tes yang sudah dilakukan kisaran speed untuk Flexi adalah download 120-130 kbps dan uploadnya 40-50 kbps dan dengan sering sekali time out(terputus). Dan bagi saya yang tinggal di pinggiran (kalau tidak mau disebut kampung, hehe) speed itu sudah sangat cukup dibandingkan dengan operator GSM yang menggusung teknologi GPRS dan EDGE dimana speed yang didapat maksimal hanya 60 kbps. (walaupun ada yang lebih tinggi lagi).

Speed yang didapat dari Flexi itu tidak menjamin kita dapat melakukan surfing di dunia maya dengan nyaman. Seringkali kita mendapati pesan time out berulang-ulang pada saat membuka halaman situs. Bahkan beberapa kasus yang saya alami sendiri harus melakukan proses disconnect terlebih dahulu dan mulai mencoba koneksi lagi. Tetapi yang menjadi tanda tanya buat saya sampai sekarang adalah, kenapa kalau kita melakukan proses download dengan IDM (Internet Download Manager), Flexi dapat melakukan proses transfer data secara stabil dikisaran 112 hingga 150 kbps? Berbagai trik merombak browser Firefox dn utek-utek registry Windows telah saya uji coba, juga berbagai macam software peningkat koneksi internet sudah dicoba tetapi masalah ini tetap sering terjadi walaupun tidak selamanya terjadi. Biasanya penyakit ini kumat saat pukul 14.00 - 23.00, dan melewati jam tersebut koneksi internet Flexi cenderung stabil walaupun tidak semestinya seperti itu.

Dengan bantuan ISP lain dari Smart Telecom yang koneksi browsingnya cukup stabil, saya mulai berselancar di dunia maya mencari solusi masalah Flexi ini hingga saya dapat menemukan solusinya. Menurut saya, ternyata logikanya sangat gampang, PING Flexi tidak bagus pada saat melakukan transfer data dan itulah sebabnya saat dipakai browsing sangat lambat, sedangkan pada saat download dengan bantuan IDM masalah itu dapat diatasi oleh IDM karena sifatnya lebih banyak menerima data (RX) sedangkan pada saat browsing disamping RX yang diperlukan ternyata TX (mengirim permintaan) sangat menentukan. Inilah masalah yang dihadapi sebagian besar pengguna Flexi pada waktu-watu tertentu. Permintaan data lambat sehingga proses browsing menjadi terganggu hingga akhirnya time out.

Untuk mengakali masalah itu kita harus mengusahakan ping dapat terus berjalan dengan baik jangan sampai idle. Berikut tahapannya :

Buka jendela CMD, (ketikkan CMD pada menu RUN : Win + R), lalu pada jendela CMD ketikkan ipconfig/all lalu enter.

Cari koneksi Flexi anda dan perhatikan berapa DNS server yang dipakai Flexi, sebagai contoh saya menggunakan DNS Primary 202.134.1.10. Nilai DNS itulah yang akan kita gunakan pada langkah berikutnya. Ingat jangan ditutup jendela CMD ini dan biarkan terbuka, kalau ingin menghilangkan dari tampilan desktop cukup di minimize saja (kalau ping pada DNS Primary tidak bagus anda dapat mencoba menggunakan DNS Secondary). Dalam contoh ini saya menggunakan DNS default milik Flexi, tapi anda bisa juga menggunakan Open DNS atau juga DNS Publik milik Google. Pilih yang terbaik menurut anda.


Langkah berikutnya adalah kembali mengetikkan perintah pada RUN (win xp) dan pada Search Programs and Files (Win 7). Ketikkan ping (spasi) (Server DNS) (spasi) -t. Contoh: ping 202.134.1.10 -t dan tekan enter.


Proses ping berlangsung dan akan terus memaksa berlangsung, kalau terjadi time out akan di-request lagi, sehingga dengan cara ini koneksi internet sulit tidak akan idle bahkan time out karena proses ping akan terus berjalan walaupun anda tidak melakukan proses RX dan TX. (Ingat jendela PING CMD ini jangan ditutup biarkan dia terbuka sehingga proses ping terus berjalan). Cukup diminimize saja.



0 comments:

Post a Comment

Mempercepat Koneksi Internet Flexinet Unlimited